Cara Daftar Dan Menggunakan Webmaster Tools

1/03/2017
Pada postingan sebelumnya, kita telah mempelajari tentang cara mendaftarkan blog ke Google agar bisa terindeks. Tujuannya agar blog kita bisa dicari melalui google dan orang lain menemukannya.

Mungkin karena banyak yang tidak mengerti atau bahkan tidak tahu cara mendaftar dan menggunakannya, sehingga alat mujarab untuk mendatangkan trafik (pengunjung) ini dikesampingkan.

Tapi tak usah khawatir, dalam postingan ini kita akan belajar menggunakan alat ini dengan seksama. Baiklah, kita ikuti cara-caranya seperti berikut.
  • Buka link ini Webmaster Tools 
  • Setelah terbuka terbuka silahkan klik tambahkan properti dan isikan alamat web kalian
  • Jangan lupa kalian harus login dulu dengan akun Google kalian
  • Jika berhasil akan muncul pesan seperti ini 'Situs Anda telah ditambahkan ke akun'. 

Coba refresh browser anda, situs yang anda daftarkan pastinya sudah muncul kepermukaan. Iya bukan?

Nah... disinilah banyak orang yang kurang paham. Karena banyak tools yang tersedia, malah membingunkan para pengguna awam (seperti saya). Olehnya itu, alangkah baiknya kita kenali dulu tools-tools yang penting saja.

Di halaman awal Webmaster Tools pilih blog yang mau dikelola, diklik aja URLnya. Setelah masuk Anda akan liat halaman Dasboard awal dari Webmaster Tools.

Disana ada status 'Pesan Baru dan Penting' serta 'Status Saat Ini', tak usah kaget kalau 'Kueri Penelusuran' sama 'Peta Situs' masih kosong karena memang kita baru mendaftar.

Lihat disisi kiri Webmaster Tools banyak tab kan. Dibalik tab-tab tersebut banyak Tool yang bisa digunakan juga. Seperti yang saya katakan tadi kita akan pelajari yang penting-penting saja dan akan sering kita gunakan.
  • Pertama-tama kita ke pojok kanan atas (lihat gambar) pilih 'Setelah Situs'.
Setelah terbuka, lihat tab 'Target geografis'. Disini kita bisa pilih sesuka hati menyasar pengguna kita (trafik). Karena ini blog ini berbahasa Indonesia, dan memang dikhususkan untuk orang Indonesia jadi saya pilih Indonesia. Centang 'Pengguna tujuan di' lalu pilih Indonesia lalu klik 'Simpan'.
  • Selanjutnya ke tab sebelah kiri. Pilih 'Perayapan' lalu 'Ambil Sebagi Google'. Tampilannya akan seperti ini.


Disitu terdapat kolom isian URL, Anda bisa memasukkan URL yang ingin Anda indeks ke google, lalu klik 'Ambil'. Setelah muncul pesan 'Permintaan Anda diterima dan akan segera diproses' artinya sukses setelah itu klik minta pengindeksan lalu pilih rayapi URL ini dan tautanya seperti gambar di bawah ini.
Bagaimana mudah bukan,sekian dulu penjelasan menggunakan Webmaster Tolls dari saya semoga postinganya bermanfaat ^_^

Untuk selanjutnya saya akan membahas Cara Mudah Dafatar Bing Webmaster sampai jumpa di tutor selanjutnya 😆

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Jangan melakukan spam di blog ini..!!!
Tidak ada link dan bicara kotor...
Terimakasih...