Cara Mudah Instal Ulang (Reinstal) Microsoft Edge Pada Windows 10

1/24/2017
Microsoft Edge adalah browser default windows 10,mungkin selain Microsoft Edge ada browser lain seperti mozila firefox,google chrome dan lainnya. Keunggulan Microsoft Edge adalah kita dapat browsing dengan cepat,karena Microsoft Edge dirancang untuk menjadi peramban web yang ringan dengan mesin tata letak yang dibangun di sekitar standar web, menghapus dukungan untuk teknologi warisannya seperti ActiveX mendukung ekstensi dan integrasi dengan layanan Microsoft lainnya, seperti asisten digital Contana dan OneDrive .
Mungkin sobat ada yang mengalami eror atau crash pada  Microsoft Edge, jika sobat juga memiliki masalah tersebut, sobat dapat mencoba mengatasi hal tersebut dengan cara menginstall ulang (reinstall) browser Edge. Install ulang Microsoft Edge memang dapat dikatakan bukan hal yang mudah, namun jika sobat memang benar-benar ingin memperbaikinya, dengan cara install ulang mungkin adalah cara terbaik. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk reinstall browser Edge di Windows 10. Mohon untuk membaca setiap langkah dengan hati-hati sebelum mencobanya.
1.Jika sobat sedang membuka Microsoft Edge harap di keluarkan dulu
2.Buka File Explorer, klik View, lalu centang bagian Hidden items untuk menampilkan folder yang disembunyikan. Hal tersebut perlu dilakukan karena folder AppData secara default disembunyikan oleh sistem.
3.Masuk C:\Users\UserName\AppData\Local\Packages ganti User Name nama pengguna Windows 10 sobat.
4.Kemudian Cari folder dengan nama Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe lalu hapus. Jika ada dialog konfirmasi muncul, klik Yes.
Jika sukses, sobat akan melihat dialog seperti gambar di bawah ini. Lama penghapusan mungkin mencapai 10-15 menit. Jika muncul konfirmasi “Do you want to permanently delete this folder? The folder contains items whose names are too long for the Recycle Bin” klik Yes saja.

 Jika sobatmendapatkan pesan berikut, klik Yes, namun jika tetap tidak bisa, klik Skip.
5. Tutup semua aplikasi yang sedang sobat jalankan lalu restart PC sobat.
6.Jalankan PowerShell dengan hak administrator (Run as Administrator). Caranya, ketik PowerShell di Start menu lalu klik kanan pada PowerShell dan klik Run as administrator.

7. Setelah jendela PowerShell muncul, masukan perintah berikut cd C:\users\yousername ganti yousename dengan nama pennguna windows 10 sobat.

8.Tuliskan perintah berikut ini pada PowerShell lalu tekan Enter.
Get-AppXPackage -AllUsers -Name Microsoft.MicrosoftEdge | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml” -Verbose}

Setelah perintah sukses dijalankan, sobat akan melihat pesan “Operation completed for”.

Namun bila terjadi kesalahan saat menginstal Microsoft Edge cek Firewall sobat, kalau dalam keadaan mati hidupkan dulu Firewall sobat. Cobat sobat perhatikan tulisan berwarna merah pada gambar di bawah, itu karena firewallnya mati setelah di hidupkan proses penginstalan akan berjalan lancar.


Sekarang restart kembali Pc sobat,dan lihat Microsoft Edge sobat, seharusnya sobat sudah dapat menjalankan browser Edge dengan lancar tanpa masalah.

Gimana mudah bukan, oke cukup sampai di sini pembahasan tentang cara instal ulang Microsoft Edge. Semoga artikel saya dapat membantu dan bermanfaat buat sobat. Terimakasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Jangan melakukan spam di blog ini..!!!
Tidak ada link dan bicara kotor...
Terimakasih...